--> Skip to main content

Kategori Jaringan atau Networking


Kategori Jaringan atau Networking

Salam Sahabat IT!!!

Jaringan komputer umumnya dapat dikelompokkan menjadi 4, yakni:

Berdasarkan protokol

Dalam dunia jaringan komputer, istilah protokol merujuk satu standar aturan dan sinyal untuk dipakai simpul-simpul jaringan dalam berkomunikasi dengan sesamanya. Protokol dapat dianalogikan dengan bahasa manusia. Protokol memungkinkan suatu komputer “berbicara” dengan komputer yang lain. Karena bahan bacaan ini ditulis dalam bahasa Indonesia maka untuk dapat memahaminya kita harus dapat membaca dalam bahasa tersebut. Begitu pula dalam dunia jaringan, setiap simpul jaringan haruslah menggunakan protokol yang sama jika ingin berkomunikasi sesamanya. 
Sebagian besar jaringan komputer menggunakan protokol Ethernet, namun sebagian kecil memakai protokol yang dibuat oleh raksasa komputer IBM yang bernama Token Ring. 

Berdasarkan topologi

Topologi merupakan pengaturan jaringan secara geometris. Topologi yang umum kita jumpai adalah berbentuk pipa (bus), bintang (star), cincin (ring), dan pohon (tree).

Berdasarkan arsitektur

Dikenal ada dua jenis arsitektur jaringan komputer: peer-to-peer dan client/server. Dalam arsitektur peer-to-peer, tidak ada simpul yang bertindak sebagai server. Sebuah simpul berhubungan dengan yang lainnya dalam suatu kelompok kerja (workgroup) untuk berbagi data, printer, ataupun akses Internet. Jaringan jenis peer-to-peer banyak ditemui pada rumah dan kantor-kantor kecil karena hanya praktis untuk kelompok kerja kecil dimana jumlah simpul yang terhubung ke jaringan tidak lebih dari 20 buah.

Lain halnya dengan jaringan client/server. Pada jaringan jenis ini selalu ada simpul yang bertindak sebagai penyedia layanan (service provider), atau lebih dikenal dengan istilah server. Semua simpul lain dalam jaringan itu, dikenal dengan istilah client, harus menghubungkan dirinya (login) ke server. Server akan menyediakan berbagai layanan bagi para client, seperti akses Internet, fasilitas e-mail, sumberdaya jaringan, dan juga menerapkan sistem keamanan bagi jaringan. Jaringan client/server umumnya dijumpai pada perusahaan-perusahaan besar dimana keamanan jaringan merupakan faktor yang sangat penting dalam pengelolaan sistem informasi.

Berdasarkan luas cakupan wilayah

Dalam hal ini di jelaskan kategori jaringan berdasarkan seberapa jauh atau luas cakupan wilayah yang dapat di capai atau jangakau oleh penerapan sitem jaringan / networking tersebut. Ada 4 kelompok berdasarkan cakupan wilayah yakni Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), Wide Area Network (WAN) dan Internet.

Demikian artikel yang membahas mengenai Kategori Jaringan/Networking.
Semoga artikel ini bermanfaat, Terimakasih.








Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar