--> Skip to main content

Jenis-Jenis Aplikasi Web


 Jenis-Jenis Aplikasi Web


Salam Sahabat IT!!!

Melihat perkembangan aplikasi web yang sedang berkembang saat ini, dapat di klasifikasikan menjadi beberapa bentuk atau kelompok. Berikut di bawah penjelasan beberapa kelompok aplikasi web dan contohnya:

Web bisnis yaitu aplikasi web yang didalamnya terdapat proses bisnis seperti jual beli, sewa menyewa, pengguna jasa, lelang dan sebagainnya. contoh situs yang menggunakan aplikasi web bisnis seperti bhineka.com, ebay.com, dll.

Web Berita dan Informasi yaitu aplikasi web yang menyediakan konten informasi berbayar maupun gratis. Contoh situs yang menggunakan aplikasi web berita dan informasi adalah kompas.com, kaskus.co.id, yellowpages.co.id, detik.com.

Web Profil yaitu aplikasi web yang mendeskripsikan tentang profil suatu perusahaan lembaga atupun orang personal. Aplikasi web ini biasanya profil suatu perusahaan, lembaga ataupun personal. Aplikasi web ini biasannya di gunakan untuk memperkenalkan profil perusahaa, lembaga atau orang personal kepada umum. Contoh aplikasi web ini seperti jogjakota.go.id, blogspot.com.

Web Service yaitu aplikasi web yang menyediakan layanan pengolahan data dan sebagainnya. Perbedaan umumaplikasi web service dan aplikasi web lain pada umumnya adalah aplikasi web service tidak memiliki antar muka, namun dapat dapat di akses melalui alamt internet.  Contoh aplikasi web service seperti ini adalah aws.amazon.com, konakart.com, dll.

Web Social Networking yaitu aplikasi web yang memberika fasilitas pertemanan, termpat berkumpul dan dan dapat juga menjadi wadah suatu kelompok. Aplikasi web sociaol Networking ini menjadi tren dunia internet. contoh aplikasi web sicial networking seperti facebook.com, twittwr.com, myspace.com, dll.

Web Banking yaitu aplikasi web yang didalamnya terdapat proses transaksi keungan dan lainnya. Contoh aplikasi web banking seperti klikbca.com, bankmandiri.co.id, bni.co.id, dll.

Web Search Engine Optimize (SEO), yaitu aplikasi web yang didalamnya terdapat proses pencarian pada internet. Contoh aplikasi web SEO seperti google.com, yahoo.com, bing.com, safari.com, mozila firefox.com, dll.

Demikian artikel mengenai Jenis-Jenis Aplikasi web.  Semoga bermanfaat, terimaksih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar