--> Skip to main content

Fasilitas Internet


Fasilitas Internet 

Salam Sahabat IT!!!

Email (Electronic Mail) 
Email merupakan fasilitas Internet yang paling populer dan digunakan oleh hampir semua pengguna Internet. Sesuai dengan namanya, email memungkinkan kita menulis, mengirim, dan menerima surat elektronis dari manapun dan kemanapun di seluruh dunia dalam waktu paling lambat empat jam. Karena itu, email sangat populer karena kecepatannya.
Alamat email (email address), disebut juga akun email (email account), yang didapat dari penyedia jasa (service provider) Internet. Beberapa penyedia jasa memberikan alamat email secara gratis, seperti Hotmail, Yahoo!, Gmail, dan lain-lain. Ilustrasi :


World Wide Web (WWW) 
WWW, atau web saja, merupakan fasilitas Internet terpopuler kedua setelah email. Web merupakan jaringan komputer yang mencakup seluruh dunia. Web merupakan sumber informasi mulai dari toko pakaian, pusat pelelangan, sampai dengan perpustakaan. Kita dapat mengakses sumber informasi ini dengan perangkat lunak yang dikembangkan khusus keperluan tersebut yang disebut web browser, atau browser saja. Untuk mengunjungi suatu situs Internet tertentu kita cukup memasukkan alamat situs yang dikehendaki ke dalam browser. Browser akan menghubungi situs tersebut dan segera menayangkan halaman web (webpage) yang sesuai ke layar monitor. Contoh alamat situs web adalah http://www.detik.com atau www.detik.com saja. Ilustrasi:

FTP (File Transfer Protocol)
FTP merupakan fasilitas Internet yang kita mengirim (upload) atau menerima (download) file dari dan ke komputer di seluruh dunia yang terhubung ke Internet. File-file tersebut dapat berupa perangkat lunak, data, citra (image), atau file apapun juga sesuai kebutuhan. Komputer yang menyediakan fasilitas tersebut disebut FTP server, dan menggunakan alamat yang berbeda dengan alamat situs biasa, contohnya ftp://ftp.microsoft.com.  Ilustrasi :

Telnet 
Telnet merupakan fasilitas Intrernet yang memungkinkan kita untuk masuk (login) dan mengakses server yang berada jauh dari tempat kita. Apabila kita berhasil masuk ke suatu server melalui fasilitas telnet maka kita dapat melakukan kegiatan apa saja seakan-akan kita terhubung ke jaringan lokal. Misalnya mengubah atau menyimpan data, melakukan modifikasi konfigurasi sumberdaya jaringan, menyalin perangka lunak, dan lain-lain sesuai kebutuhan. Iluatrasi:

Demikian artikel yang membahas mengenai Fasilitas Internet.
Semoga artikel ini bermanfaat, Terimakasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar